Minggu, 27 November 2016

Usecase Pada Analisa Desain Menggunakan UML Pada Perancangan Program Berbasis Objek

USECASE PADA ANALISA DESAIN  MENGGUNAKAN UML  PADA PERANCANGAN PROGRAM  BERBASISKAN OBJECT

Apaitu OOAD (Object Oriented Analisis Design) ????
Bagan yang terdapat pada UML.

Use case menggambarkan proses system (kebutuhan system dari sudut pandang user)
actors mewakili peran orang atau piranti yang dimainkan ketika sistem berfungsi
Secara umum use case adalah:
*Pola perilaku system
*Urutan transaksi yang berhubungan yang dilakukan oleh satu actor

Use case diagram terdiri dari
*Use case 
*Actors
*Relationship
*System boundary boxes (optional)
*Packages (optional)

Lambang Usecase :
Image result for lambang usecase
Use case dibuat berdasar keperluan actor, merupakan “apa” yang dikerjakan system, bukan
bagaimana” system mengerjakannya . Use case diberi nama yang menyatakan apa hal yang
dicapai dari hasil interaksinya dengan actor.
Use case dinotasikan dengan gambar (horizontal ellipse)
Use case biasanya menggunakan  kata kerja
Nama use case boleh terdiri dari beberapa kata dan tidak boleh ada 2 use case yang memiliki
nama yang samaUse case diagram tidak terpengaruh urutan waktumeskipun demikian
supaya mudah dibaca perlu penyusunan use case.









Actor menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan
atau menerima informasi dari system. Actor menggambarkan sebuah tugas/peran dan
bukannya posisi sebuah jabatan. Actor memberi input atau menerima informasi dari system
Actor biasanya menggunakan Kata benda  Tidak boleh ada komunikasi langsung antar actor
Indikasi <<system>> untuk sebuah actor yang merupakan sebuah system .
Adanya actor bernama “Time” yang mengindikasikan scheduled events (suatu kejadian yang
terjadi secara periodik/bulanan).
Letakkan actor utama anda pada pojok kiri atas dari diagram (in western culture people read
from left to right, top to bottom). Actor jangan digambarkan ditengah-tengah use cases
(actors are placed to the outside of the diagram, and not the middle of it).

Contoh pemakaian <<extends>> / <<include>>


Contoh Sederhana Usecase Diagram :
Generalization/inheritance digambarkan dengan sebuah garis berpanah tertutup pada salah 
satu ujungnya yang menunjukkan lebih umum. Gambarkan generalization/inheritance
antara use case secara vertical dengan inheriting use case dibawah base/parent use case.
Generalization/inheritance dipakai ketika ada sebuah keadaan yang lain sendiri/perlakuan
khusus (single condition)

Terakhir, Use case System boundary boxes, 
Digambarkan dengan kotak disekitar use case, untuk menggambarkan jangkauan system
anda (scope of of your system).  Biasanya digunakan apabila memberikan beberapa alternative
system yang dapat dijadikan pilihan. System boundary boxes dalam penggunaannya 
optional.

Terima Kasih telah berkunjung,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar