• Objek adalah abstraksi dari sesuatu yang mewakili dunia nyata seperti benda, manusia, satuan organisasi, tempat, kejadian, struktur, status atau hal-hal lain yang bersifat abstrak.
• Suatu entitas yang mampu menyimpan informasi (status) dan mempunyai operasi (kelakuan) yang dapat diterapkan atau dapat berpengaruh pada status objeknya.
• Dalam konteks OOP, objek adalah instansiasi (yang dibentuk secara seketika) dari kelas pada saat eksekusi (seperti halnya deklerasi variabel pada pemograman prosedural). Jadi semua objek adalah instan dari kelas.
• Objek mempunyai siklus hidup: diciptakan, dimanipulasi, dan dihancurkan.
Kelas
• Kelas adalah kumpulan dari objek-objek dengan karakterikstik yang sama.
• Kelas adalah definisi statik dari himpunan objek yang sama yang mungkin lahir atau diciptakan dari kelas tersebut.
• Sebuah kelas akan mempunyai sifat (atribut), kelakuan (operasi), hubungan (relationship) dan arti.
• Suatu kelas dapat diturunkan dari kelas yang lain, dimana atribut dari kelas semula dapat diwariskan ke kelas yang baru.
Kesimpulan:
• Objek adalah model eksekusi, sementara kelas adalah deskripsi statik dari objek yang mungkin lahir pada saat eksekusi.
• Pada saat eksekusi yang kita punyai adalah objek, sementara dalam pemodelan (analisis dan perancangan) dan teks program yang kita lihat adalah kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar