o Proses untuk merencanakan atau mengatur segala sesuatu menurut tahapan tertentu, sebelum bertindak, mengerjakan, atau melakukan sesuatu tersebut [KBBI].
o Proses untuk mengaplikasikan berbagai macam teknik dan prinsip untuk tujuan pendefinisian secara rinci suatu perangkat, proses atau sistem agar dapat direalisasikan dalam suatu bentuk fisik [PRE97].
o Membuat solusi logika atau caar bagaimana kebutuhan-kebutuhan yang ada dipenuhi (diselesaikan) oleh sistem [LAR98].
o Pendefinisian arsitektur perangkat lunak, komponen, modul, antarmuka, pendekatan pengujian, dan data untuk memenhui kebutuhan-kebutuhan yang sudah ditentukan sebelumnya [IEEE].
Perancangan Berorientasi Objek
o Proses untuk menerjemahkan model analisis hasil OOA menjadi model implementasi yang spesifik yang dapat direalisasi menjadi sebuah perangkat lunak [PRE97].
o Spesifikasi dari solusi perangkat lunak secara logika dalam kerangka objekobjek perangkat lunak, seperti kelas, atribut, metode dan hubungan antar kelas [LAR98].
o Proses pembangunan arsitektur sistem melalui konsep berorientasi objek [MEY97].
Tujuan Perancangan
o Secara umum, tujuan perancangan adalah menghasilkan suatu model atau penggambaran dari suatu entitias yang akan dibangun kemudian.
o Dalam konteks perancangan berorientasi objek (OOD), tujuan perancangan adalah menurunkan objek-objek dari setiap kelas dan bagaimana mengimplementasikan hubungan, perilaku dan komunikasi antar objek-objek tersebut [PRE97].
Proses Perancangan Merupakan proses kreatif dalam pembangunan perangkat lunak untuk memecahkan suatu persoalan. Model dari proses perancangan secara garis besar terdiri dari empat tahap proses:
o Mengemukakan suatu solusi
o Membangun model dari solusi tersebut
o Evaluasi model terhadap spesifikasi kebutuhan yang telah ada
o Menjabarkan rincian spesifikasi dari solusi tersebut
Perancangan yang baik:
o Melaksanakan semua kebutuhan dan persyaratan yang tercantum pada
dokumen SRS.
o Merupakan acuan yang dapat dibaca, dimengerti oleh pembuat
program dan penguji perangkat lunak.
o Menyediakan gambaran lengkap dari perangkat lunak mencakup data,
fungsi, dan tanggapan, dalam perspektif pelaksanaan pembuatan
perangkat lunak.
o Menghasilkan model atau representasi dari perangkat lunak untuk
digunakan dalam proses implementasi atau coding.
Tahap Perancangan Dari sudut pandang manajemen proyek, perancangan terdiri dari dua bagian, yaitu:
o Perancangan awal (preliminary design)
Menentukan arsitektur perangkat lunak secara keseluruhan (preliminary
design).
− Bagaimanakah lingkungan programnya?
− Bagaimana bentuk penyimpanan datanya?
− Bagaimana bentuk antarmukanya?
o Perancangan rinci (detailed design)
Menentukan modul program (prosedural) yang harus dibuat
Adapun dari sudut pandang teknis, kegiatan perancangan terdiri dari aktivitas:
o Perancangan arsitektural program
− arsitektural logika
− arsitektural fisik
o Perancangan modul program (prosedural)
o Perancangan data
− struktur data internal
− struktur data fisik
o Perancangan antarmuka
− Perancangan antarmuka antar modul-modul
− Perancangan antarmuka antar perangkat lunak dengan nonhumanity (external entity)
− Perancangan antarmuka pemakai
Metode Perancangan Berorientasi Objek
Pengertian
o Cara kerja yang sistematis untuk mengerjakan tahap perancangan
berdasarkan pendekatan objek.
o Seperti halnya analisis, perancangan berorientasi objek mempunyai
urutan-urutan aktivitas, teknik, dan alat bantu (tools) tertentu untuk
memodelkan hasil dari setiap aktivitasnya.
o Beberapa metode yang dapat digunakan utnuk melakukan
perancangan berorientasi objek diantaranya adalah sebagai berikut.
Metode Coad & Yourdon
o Problem domain component
o Human interaction component
o Task management component
o Data Management component
Metode Rumbaugh
o Perform design system
o Conduct object design
o Implement control mechanisms defined in system design
o Adjust class structure to strengthen inheritance
o Design messaging to implement the object relationship (associations)
o Package classes and associations into modules
Metode Jacobson
o Consider adaptions to make the idealized analysis model fit the real world environment
o Create blocks as the primary design object
o Create an interaction diagram shows how stimuli are passed between blocks
o Organize blocks into subsystems
o Review the design work
Metode Booch
Metode Booch
o Architectural plannning
o Tactical design
o Release planning
Metode Perancangan Secara Umum
o Pada prinsipnya semua metode perancangan berorientasi objek adalah sama.
o Tahap pelaksanaan perancangan berorientasi objek secara umum:
- Perbaiki dan lengkapi model objek hasil analisis
- Perancangan objek
Rancang setiap operasi pada level prosedural
Definisikan kelas-kelas internal
Rancang struktur data internal untuk setiap atribut kelas
- Rancang model pesan berdasarkan kerjasama (kolaborasi) dan
hubungan antar objek
- Rancang antarmuka pemakai
- Kaji ulang model perancangan dan ulangi sesuai kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar